Membiasakan Anak Gemar Membaca

Membaca merupakan jendela dunia. Dengan membaca, bunda akan mendapatkan wawasan luas. Membaca juga melatih bunda untuk berempati dengan sesama. Bahkan, dalam sebuah studi juga telah membuktikan bahwa orang yang hobi membaca buku dapat hidup lebih bahagia. Sayangnya, sebagian masyarakat Indonesia tidak suka baca buku. bunda dapat mulai memperkenalkan buah hati kepada macam-macam buku sedari kecil untuk menumbuhkan minat bacanya. Berikut tips yang dapat bunda terapkan supaya membiasakan anak gemar membaca buku.

Ada beragam manfaat membaca buku yang dapat diperoleh. Selain membuat bunda bisa hidup lebih bahagia, membaca merupakan aktivitas yang memberikan ketenangan dan menurunkan tekanan darah. Membaca buku juga bisa membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif otak untuk berpikir memahami konteks dan menajamkan kemampuan mengingat. Maka dari itu, dengan rajin dalam melakukan aktivitas membaca dapat menurunkan risiko bunda terhadap macam-macam penyakit otak yang terkait usia, seperti demensia dan Alzheimer.

Tips Supaya Membiasakan Anak Gemar Membaca Buku

Membiasakan anak gemar membaca buku merupakan langkah awal yang dapat membuat buah hati bunda menjadi buah hati yang cerdas sehingga dapat melangsungkan pelajaran apapun yang kala ini mereka ikuti. Atau disisi lain juga buah hati pun dapat lebih tahu bagaimana cara yang tepat untuk mencari solusi kala ia sedang kesulitan dengan budaya membaca. Hal ini akan meningkatkan generasi literasi di Indonesia yang nantinya dapat menjadi kutu buku. Sebab kutu buku sendiri dikenal sebagai orang yang terbuka, cerdas, dan mempunyai sikap yang positif.

Membiasakan Anak Gemar Membaca

  1. Beri contoh pada buah hati

    Buah hati cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka, contohkan lebih dulu padanya bahwa bunda terbiasa membaca supaya buah hati suka baca buku juga. Tidak perlu untuk menggunakan buku yang “berat”, ajaklah buah hati bunda untuk terbiasa dalam membaca buku bergambar bersama-sama atau bacakan dongeng untuknya. Biasakan untuk membuat sesi membaca setidaknya satu jam dalam satu hari. Dengan begini, buah hati akan menganggap membaca merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan, sehingga lama-lama ia akan terbiasa dan akhirnya membaca sendiri tanpa harus “disuruh”.

  2. Kenalkan berbagai buku untuk buah hati

    Setelah buah hati terbiasa dengan buku bergambar lucu dan warna-warni, mulailah mengenalkan lebih banyak jenis buku dan bacaan lainnya. bunda dapat mengajak buah hati jalan-jalan ke perpustakaan atau toko buku. Kenalkan berbagai buku bacaan untuk buah hati, sehingga mereka nantinya dapat menentukan buku yang mereka suka.

  3. Dorong buah hati untuk membaca apa yang mereka lihat

    Buatlah membaca bagian penting dari kehidupan anak-anak bunda. Biarkan mereka membaca menu, tema pinggir jalan, nama film, panduan permainan, laporan cuaca, dan informasi sederhana lainnya yang bunda temukan sehari-hari. Selalu pastikan anak-anak bunda mempunyai sesuatu untuk dibaca di waktu senggang mereka.

  4. Biarkan mereka menentukan apa yang mereka baca

    Mengajarkan buah hati rajin membaca tidak hanya sekedar memberikan buku bacaan untuk mereka baca. Biarkan mereka menentukan buku atau materi bacaan yang akan mereka baca. Dengan menentukan sendiri buku yang mereka baca, buah hati akan lebih semangat untuk melakukannya sendiri. Selain itu, bunda juga perlu membantu buah hati dalam menentukan buku yang sesuai usia buah hati dengan topik yang menarik minat mereka untuk memicu hasrat membacanya.

  5. Memanfaatkan aplikasi pada gadget bunda

    Umumnya buah hati akan lebih sering menggunakan gadget sebagai sarana bermainnya atau untuk menonton video anak-anak. Akan tetapi, biasakan buah hati menggunakan gadget untuk mengunduh aplikasi bacaan yang dapat dijadikan sarana buah hati suka baca buku. bunda juga dapat memantau bacaan apa saja yang buah hati gemari.

  6. Tunjukkan ketertarikan bunda pada bacaan buah hati

    Tanggapan atau respons bunda terhadap hobi membaca buah hati mempunyai efek kuat pada seberapa keras mereka akan berusaha menjadi pembaca yang baik. Selalu ingat untuk setelahnya bunda pun wajib memberikan mereka pujian yang tulus atas usaha yang telah dilakukan oleh mereka. bunda dapat meminta buah hati menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya, untuk menunjukkan rasa ketertarikan bunda terhadap apa yang buah hati bunda baca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here