Tips-Hemat-Listrik

tips-viral.com – Tidak dapat dipungkiri, saat ini listrik menjadi salah satu kebutuhan utama buat menunjang masyarakat untuk beraktivitas. Dari mulai bekerja, belajar, bahkan sampai menikmati hiburan lewat perangkat elektronik. Dengan seperti itu, ketersediaan listrik berpengaruh di kelancaran aktivitas dilakukan oleh masyarakat sehari-hari, khususnya di kediaman. Jadi hampir semua aktivitas kita lakukan sehari-hari bergantung sekali dengan pemakaian daya listrik. Maka dari itu penting banget untuk menyimak tips hemat listrik.

Lantas, apakah tagihan listrik kamu membengkak setiap bulannya? Bingung dan kesal seperti apakah cara menghemat listrik kalau ada banyak alat elektronik di rumah? Maka tenang saja jangan khawatir! Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan buat menghemat kebutuhan listrik beserta menekan tagihan listrik di rumah. Selain itu, pada kenyataannya menghemat listrik bisa membantu mengurangi emisi karbon dioksida dari pembakaran energi tidak bersih.

Lantas, Bagaimana Tips Hemat Listrik?

Banyak alat maupun perangkat elektronik sehari-hari terus memakai daya listrik. Tanpa kita sadari, beberapa alat maupun perangkat elektronik sehari-hari dipakai ternyata tetap menggunakan daya listrik meskipun sedang tidak digunakan. Bisa kamu bayangkan seperti apakah kalau daya listrik terus dipakai tanpa kita sadari terakumulasi setiap harinya. Untuk itu, kamu harus mencermati dari mulai hal-hal sederhana tersebut supaya daya listrik yang dipakai tetap hemat dan juga sesuai dengan kebutuhan kita.

Tips-Hemat-Listrik

  • Ganti lampu biasa dengan lampu LED
    Hal utama yang harus kamu ketahui adalah adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Cara menghemat listrik yang dapat dilakukan pada tahap awal adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Meskipun harganya lebih jauh mahal dibandingkan lampu bohlam biasa, kendati demikian ternyata lampu LED 7 watt dari brand-brand tertentu setara seperti halnya bohlam 60 watt. Bahkan sekarang ini sudah tersedianya sebuah lampu LED yang sudah dilengkapi oleh teknologi pengoperasian nirkabel bisa kamu aktifkan sesuai dengan pengaturan diinginkan. Jadi, meskipun kamu harus merogoh kocek dalam, kendati demikian kamu bisa menerima pencahayaan terang dengan konsumsi listrik lebih hemat kala dibandingkan lampu bohlam biasa.
  • Gunakan kipas angin
    Selanjutnya adalah beralih memakai kipas angin, kipas angin tentunya membutuhkan daya listrik jauh lebih sedikit kalau kamu membandingkannya dengan AC, jadi dengan begitu bisa menjadi salah satu solusi atau pilihan kalau merasa panas di suatu ruangan, namun kepengen tetap menghemat listrik. Karena dengan cara ini benar-benar berpengaruh sekali terhadap pengeluaran tagihan listrikmu lho!
  • Pakai perangkat hemat daya, atau low watt
    Menggunakan perangkat hemat daya maupun low watt. Biasanya akan tertera keterangan yang bisa memudahkan kamu dalam mencari sebuah alat elektronik manakah mempunyai low watt. atau watt kecil. Pasalnya, banyak peralatan elektronik sekarang sudah mempunyai fitur khusus menghemat pemakaian listrik, seperti di kulkas, mesin cuci, AC dan lainnya.
  • Matikan alat elektronik ketika tidak dipakai
    Apabila sebelumnya adalah memakai perangkat hemat daya maupun low watt, memakai kipas angin, ganti lampu biasa dengan memakai lampu LED. Jangan biarkan peralatan elektronik tetap terhubung dengan stop kontak listrik kalau misalnya memang sudah selesai memakainya. Dari mulailah membiasakan diri selalu mencabut kabel tidak digunakan lagi. Mematikan seluruh alat elektronik tidak dipakai di rumah menjadi salah satu cara sangat ampuh dalam menghemat listrik bahkan sampai mengurangi tagihan secara signifikan.
  • Mencabut steker pengisi daya baterai
    Nah, siapa nih yang setelah mengisi daya baterai smartphone sampai penuh, tapi membiarkan kabelnya tetap terhubung ke dalam stop kontak. Stop ya! Karena hal ini bisa membuat tagihan listrik membengkak. Karena kabel yang terhubung stop kontak ketika tidak digunakan tetap akan mengalirkan arus listrik lho! Jadi kalau mau menghemat listrik ada kalanya buat menghindari kebiasaan seperti ini!
  • Gunakan lampu seperlunya saja
    Salah satu kebiasaan buruk bisa meningkatkan tagihan membengkak adalah menyalakan lampu pada saat siang hari atau ketika kamu sedang tidak di rumah. Ada baiknya kamu mematikan lampu ketika sedang tidak di rumah dan sudah siang alias gunakan lampu sebutuhnya saja yang menjadi tips hemat listrik. Karena kebiasaan buruk seperti itu bisa membuat tagihan membengkak lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here