Gejala-Kanker-Mulut

tips-viral.com – World Health Organization mencatatkan bahwa rongga mulut dan kanker bibir merupakan salah satu dari adanya 15 kanker paling umum di dunia. Hampir 180.000 kematian setiap tahunnya, kanker mulut atau oral cancer dikenal sebagai kanker rongga mulut mempunyai gejala-gejala mirip seperti radang tenggorokan atau sariawan. Keganasannya menyerang bagian rongga mulut diantaranya adalah langit-langit mulut, gusi, bibir, lidah. Tentu hal ini tidak ingin terjadi kan? Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui apa saja gejala kanker mulut agar segera langsung ditangani.

Mungkin banyak yang masih tidak sadar bahwa menderita kanker rongga mulut dikarenakan gejalanya persis sekali dengan sariawan. Padahal ada perbedaan gejala dan juga penyebab diantara permasalahan kesehatan ini lho, jadi ada baiknya kenali terlebih dahulu supaya tidak terlambat menerima pengobatan.

Lalu, Apa Saja Penyebab dan Gejala Kanker Mulut?

Kanker mulut sendiri disebabkan oleh tumbuhnya jaringan abnormal di mulut. Gejala ini pada umumnya dirasakan sariawan tidak sembuh-sembuh, muncul nyeri di dalam mulut, hadirnya bercak merah atau putih. Kebanyakan kasus satu ini adalah jenis karsinoma sel skuamosa biasanya akan menyebar secara cepat. Namun sayang, sama seperti jenis kanker pada umumnya banyak mereka tidak merasakan beberapa gejala signifikan. Hasilnya, hampir sebagian besar dari kasus terdeteksi saat sudah stadium lanjut.

Penyebabnya dari kanker mulut diantaranya adalah :

Dimana, salah satu penyebab dari kanker paling umumnya adalah rokok. Bagaimana tidak? Merokok sebanyak enam kali saja akan lebih gampang terkena kanker mulut dibandingkan mereka yang tidak merokok. Ada juga beberapa faktor lainnya seperti halnya mengkonsumsi alkohol berlebihan, mempunyai riwayat kanker dari keluarga atau genetik, terkena paparan sinar matahari berlebihan. Apalagi untuk mereka berusia masih muda, dimana radiasi ultraviolet dari sinar matahari ini bisa mengakibatkan kanker bibir lho. Tentu hal seperti ini tidak diinginkan bukan?

Gejala-Kanker-Mulut

Selain itu penyebab lainnya adalah usia, kanker mulut bisa saja membutuhkan waktu selama bertahun-tahun buat muncul. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah ditemukan di orang yang berusia lebih dari 55 tahun. Ada pun jenis kelamin menjadi dan pola makan buruk, setidaknya pria dua kali lebih mungkin akan terserang kanker mulut jika dibandingkan perempuan. Kenapa? Dikarenakan laki-laki lebih banyak mengkonsumsi minuman alkohol dan termasuk rokok. Sementara pola makan buruk bisa terjadi kanker mulut dikarenakan tidak cukup mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Gejala :

Jika tidak diobati secara langsung atau dikenali saat ini juga, maka kanker mulut bisa membuat resiko kematian dan beberapa komplikasi yang serius. Tak perlu lama-lama lagi, ada juga gejala-gejala yang dihadirkan bisa berupa :

  • Sakit telinga
  • Pertumbuhan atau benjolan di bagian mulut
  • Sakit bibir atau mulut tidak sembuh-sembuh
  • Adanya benjolan di gusi, bibir, pipi, atau bahkan area di dalam mulut sekalipun
  • Penabalan atau pembengkakan di gusi, bibir, pipi dan termasuk area di mulut
  • Ada bercak putih, atau kemerahan di dalam mulut
  • Gigi goyang
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Kesusahan menelan atau mengunyah
  • Suara yang serak atau perubahan suara dan sakit tenggorokan kronis

Bercak merah atau putih sendiri pada umumnya terjadi dan jarang adalah tanda dari kanker. Namun kondisi ini sendiri bisa berubah menjadi sebuah kanker ganas. Maka itu, ada baiknya untuk siapa saja temukan dokter apabila mengalaminya. Karena banyak juga gejala dari kanker mulut bisa disebabkan kondisi tidak terlalu serius, contohnya infeksi. Tapi kami menyarankan buat menemukan dokter gigi atau umum apabila salah satu gejala di atas berlangsung lebih 3 minggu. Adapun beberapa gejala kanker mulut tambahan diantaranya adalah :

  • Muncul luka di leher, wajah, atau mulut secara persisten, jadi akan membuatnya gampang berdarah. Kondisi ini sendiri tidak akan sembuh pada waktu dua minggu.
  • Nyeri tenggorokan kronis
  • Susah buat menggerakan lidah atau rahang
    dan termasuk rasa nyeri atau perasan tidak nyaman dan ada sesuai tersangkut di leher tenggorokan.

Apabila anda mengalami beberapa gejala yang ada diatas, maka bisa segera langsung periksa ke dokter supaya ditangani dengan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here