Oleh-oleh-Kuliner-Khas-Makassar

tips-viral.com – Makassar merupakan salah satu kota yang ada di kawasan Indonesia Timur, kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, mulai dari wisata alam seperti pantai hingga warisan budaya yang memiliki kisah dibaliknya. Tidak lupa juga kuliner Makassar yang terkenal enak jadi favorit para wisatawan, tidak hanya berbagai kuliner yang dapat dimakan di sana langsung, ada pula beberapa kuliner yang dapat dijadikan buah tangan. Bagi kamu yang berkunjung ke Makassar jangan lewatkan membawa pulang oleh-oleh kuliner khas Makassar di bawah ini yang rasanya bikin kamu kangen.

Oleh-Oleh Kuliner Khas Makassar Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Sirup Markisa Bola Dunia

Yang pertama dan tidak pernah dilewatkan yaitu Sirup Markisa Bola Dunia, markisa merupakan buah eksotis yang memiliki banyak penggemar. Salah satu hasil olahan markisa yang sangat populer di Makassar yaitu sirupnya, gak heran kalau banyak yang menjadikan sirup markisa ini sebagai buah tangan. Bola Dunia ini merupakan salah satu pelopor produk sirup markisa khas Makassar yang dapat kamu bawa pulang untuk oleh oleh, sirup markisa asal Malino ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, karena menggunakan buah markisa asli. Karena diproses secara alami, sirup ini dapat bertahan cukup lama di suhu ruang, sirup markisa ini tersedia di setiap toko oleh-oleh khas Makassar, jadi jangan sampai lewatkan sirup ini ya!

Lumpia Sulawesi

Oleh-oleh kuliner khas Makassar yang selanjutnya yaitu Lumpia Sulawesi, walaupun gak beda jauh dengan lumpia pada umumnya, namun kuliner peranakan Tionghoa dan Sulawesi ini memiliki cita rasa yang khas saat dimakan. Sehingga gak jarang banyak yang memesan lumpia ini untuk dibawa pulang atau sebagai teman ngemil selama perjalanan, salah satu lumpia yang cukup populer yaitu Lumpia Sulawesi yang lokasinya ada di Jalan Lasinrang Nomor 11 C, lumpia ini sudah eksis sejak tahun 1988 dan terasa sangat spesial karena memiliki kulit yang tipis. Jadi saat digigit teksturnya gurih dan renyah, saus sambal nya juga beda dari yang lain karena menggunakan tauco yang sangat kental, jadi sensasinya ada pedas, manis dan gurih. Toko mereka buka dari pukul 07.30 hingga 19.00 WITA.

Bakso Ati Raja

Yang selanjutnya tidak boleh kamu lewatkan yaitu Bakso Ati Raja, walaupun mungkin di kotamu terdapat banyak tukang bakso, tapi bakso di sini berbeda dari yang lain. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1995 dan termasuk salah satu warung bakso legendaris, yang membuat rasa bakso ini istimewa yaitu pemilihan daging sapinya yang berkualitas. Rasanya sangat pas, daging sapi yang dipilih berbeda-beda untuk setiap jenis baksonya, sapi yang digunakan yaitu sapi lokal Makassar, jika ingin dijadikan oleh-oleh kamu dapat membeli versi frozennya. Bakso di warung ini terbuat dari daging asli 100%, pilihan baksonya juga cukup banyak, mulai dari bakso halus, bakso urat dan bakso goreng, jika ingin berkunjung warung ini buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB dan lokasinya ada di Jalan Gunung Merapi Nomor 170, jangan sampai lewatkan olahan ini saat berkunjung ke Makassar, kalau gak mampir nyesel banget!

Otak-Otak Ibu Sanny

Oleh-oleh kuliner khas Makassar yang selanjutnya yaitu otak-otak Ibu Sanny, oleh-oleh yang satu ini juga jadi hidangan yang paling banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Makassar. Kuliner ini terbuat dari ikan tenggiri yang sudah terkenal sejak 1995, otak-otak Ibu Sanny rasanya sangat enak, kenyal, gurih dan tidak bau amis walaupun menggunakan 100% ikan tenggiri asli. Ditambah lagi racikan bumbu sambalnya yang nendang dan sangat cocok di lidah, gak heran kalau banyak pelanggan dari Makassar maupun luar daerah yang ketagihan dan balik lagi untuk mencicipi otak-otak ini, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh atau untuk menemani selama perjalanan. Jika ingin berkunjung kamu bisa datang langsung ke alamat Jalan Lasinrang Nomor 47, kalau ingin membawa pulang dan melakukan perjalanan panjang, pastikan otak-otak dalam keadaan fresh atau baru dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here