Lifehack-Membedakan-Madu

tips-viral.com – Madu, merupakan bahan alami yang mengandung banyak khasiat. Yang mana khasiatnya diklaim sangat efektif untuk menyehatkan kondisi tubuh maupun kesehatan kulit. Dibalik manfaatnya yang melimpah dan rasa manis alami, ternyata banyak sekali penjual madu oplosan. Tentunya kini mengetahui lifehack membedakan madu adalah sebuah pengetahuan yang wajib diketahui oleh banyak orang. Di duga, dengan melakukan tindak kriminal mengoplos madu oleh penjual nakal, merupakan cara yang efektif untuk memperoleh keuntungan besar.

Bahkan, mereka rela mengklaim bahwa madu yang dijualnya 100 persen madu murni, tidak ada kandungan lain yang dicampurkan. Sehingga, konsumen pun semakin memantapkan niat mereka untuk membeli madu mereka. Walaupun sulit sekali mendapatkan madu asli dengan kualitas premium dan bukan oplosan, namun bukan berarti tidak bisa sama sekali mendapatkannya. Karena, dibalik maraknya penjualan madu oplos, masih ada beberapa merek yang mempertahankan kualitas mereka dan menawarkan madu murni.

Walaupun pembuktian keaslian madu memang tidak bisa dilakukan sebelum membeli, namun lifehack yang akan kami bahas ini dapat dijadikan pembelajaran untuk tidak lagi membeli merek madu yang sama. Yap! Sesuai judul yang disematkan, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih lengkap kepada anda mengenai lifehack efektif membedakan madu asli dan madu oplosan. Berikut, adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Periksa Label Terlebih Dahulu

Lifehack membedakan madu agar terhindar oleh madu oplosan, adalah memperhatikan labelnya. Pada saat melakukan pembelian, disarankan untuk lebih berhati-hati. Perhatikan pula komposisi yang tercatat di dalam nya. Apabila anda menemukan bahan-bahan tambahan, lebih baik memantapkan niat untuk tidak membeli madu tersebut. Jika tidak menemukan komposisi nya atau tidak mencantumkan label, anda bisa dengan mudah melakukan pengujian madu asli.

Lifehack-Membedakan-Madu

Uji Air

Bukan hanya memeriksa label madu saja, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan selanjutnya, adalah uji air. Uji air, merupakan lifehack paling sederhana sekaligus menentukan hasil paling efektif. Caranya pun sangat sederhana dan anda bisa melakukannya dirumah. Pertama-tama, anda harus menuangkan satu sendok madu ke gelas yang sudah dituang air dengan suhu ruang. Kemudian, aduk perlahan-lahan madu didalam nya.

Apabila madu tersebut benar-benar larut dan warna air berubah, maka kami pastikan bahwa terdapat kandungan lain di madu tersebut. Pada dasarnya, madu asli tidak pernah larut oleh air. Hal ini dikarenakan eksistensi tekstur madu asli sangat pekat dan kental. Selain itu, madu murni akan bersatu padu seperti gumpalan apabila di aduk perlahan-lahan ke dalam air.

Uji Api

Dan lifehack selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan untuk menghindari madu oplosan, adalah uji api. Disarankan agar pengujian yang satu ini dilakukan dengan hati-hati. Mengapa demikian? Karena, madu adalah salah satu objek yang mudah terbakar. Dan demi membuktikan keaslian serta kealamian kandungan madu didalamnya, anda membutuhkan sumber api.

Pertama, anda harus menyiapkan lilin menyala. Kemudian, tempatkan madu pada sumbu. Ketika melakukan hal ini, lebih baik lakukan dengan perlahan-lahan. Apabila madu yang dituang ke sumbu lilin menimbulkan percikan api dan mulai menyala, maka bisa dipastikan bahwa madu yang anda beli, adalah madu asli. Namun apabila tidak menimbulkan percikan api sedikitpun, maka ada kandungan air atau bahan tidak alami lainnya yang dicampurkan ke dalam madu.

Uji Kertas

Untuk lifehack yang satu ini tentunya sangat mudah dan tidak beresiko cara diatas. Yang anda butuhkan hanyalah satu buah kertas. Kertas ditaruh di permukaan yang tidak basah. Pastikan kertas dalam kondisi baik-baik saja demi memaksimalkan pengetesan madu asli atau sebaliknya.

Kemudian, tuangkan satu sendok teh madu diatasnya. Apabila madu yang anda beli oplosan dan tidak alami, maka kertas akan menyerap kandungan madu serta menimbulkan tekstur basah. Dan sebaliknya, apabila madu murni dan alami, maka madu tidak mengalami perubahan bentuk di atas kertas. Ini, merupakan lifehack paling sederhana yang bisa anda tiru.

Itulah deretan lifehack membedakan madu asli dan madu oplosan. Dengan lifehack diatas, anda bisa menghindari diri dari penipuan merek madu dan tidak lagi terjebak oleh penawaran yang mengiming-imingi 100% madu asli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here