Makanan Dikonsumsi Sebelum Olahraga

tips-viral.com – Olahraga adalah satu hal kegiatan yang wajib sekali dilakukan oleh manusia. Hal tersebut untuk bisa menjaga kebugaran tubuh, sebelum olahraga tentunya harus mempersiapkan tubuh, ada beberapa jenis makanan dikonsumsi sebelum olahraga. Karena dari berbagai makanan tersebut membuat tubuh mempersiapkan energi yang nantinya akan dikeluarkan. Tentunya kita semua ingin memperoleh hasil maksimal dari melakukan olahraga. Berbagai cara juga harus dilakukan.

Mulai dari latihan angkat beban, lari lebih lama baik cepat, dan berbagai hal lainnya. Nah, makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga juga harus kalian perhatikan lho. Sebab ada banyak manfaat diperoleh dari mengkonsumsi jenis makanan tersebut sebelum berolahraga. Penasaran apa saja? simak berikut ini, karena ada beberapa jenis makanan bisa kalian konsumsi sebelum melangsungkan olahraga.

Rekomendasi Jenis Makanan Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Asupan nutrisi secara optimal sebelum berolahraga tidak hanya mendukung tubuh memaksimalkan kinerja saja, melainkan bisa mengurangi kemungkinan kerusakan oto lho. Tidak hanya itu saja kalian juga harus memperhitungkan waktu makan dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Para penelitian menemukan frekuensi dan juga waktu asupan makanan, hingga cairan bisa mendukung atlet, baik orang melakukan olahraga untuk meningkatkan performa latihan mereka.

Makanan Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Maka dengan begitulah menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi sebelum menjelang olahraga sangatlah penting untuk diperhatikan. Sebab pada umumnya menu makanan tersebut adalah perpaduan dari karbohidrat, lemak sehat, hingga protein. Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja simak berikut ini jenis makanan dikonsumsi sebelum olahraga, sebagai berikut :

  1. Oat
    Oat adalah jenis makanan kaya dengan seratnya, oat sendiri mampu melepaskan karbohidrat secara bertahap. Enggak cuma itu doang, Oat sendiri kaya akan vitamin B yang mengubah karbohidrat menjadi energi lho. Nah, pelepasan yang lambat juga dalam makanan ini, tingkat energi dikeluarkan konsisten sepanjang latihan, dengan begitulah anda bisa berolahraga lebih lama lagi. Pilihlah jenis oat dengan pemrosesan paling sedikit, serta mengandung indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan oat instan.
  2. Roti gandum utuh
    Nah berikutnya adalah jenis makanan bisa kalian konsumsi adalah roti gandum yang utuh. Dalam sepotong roti gandum utuh nya saja, terteranya sumber karbohidrat baik, lho. Anda bisa membuat jadwal makanan sehat mana yang akan kalian konsumsi. Untuk bisa mendapatkan hasil lebih optimal lagi, anda bisa menambahkan roti gandum utuh dengan telur rebus nih guys.
  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan seperti kacang merah, kedelai, hingga kacang polong adalah sebuah sumber karbohidrat, dan sekaligus sebuah protein tinggi. Mungkin banyak orang yang lebih kenyang setelah mengkonsumsi kacang yang bisa mencegah makan berlebihan setelah olahraga. Pati dan juga serat dalam kacang-kacangan ini bisa membantu mencegah terjadinya rasa lapar ketika melakukan olahraga lho.
  4. Pisang
    Nah, pastinya suka dong dengan buah satu ini, pisang. Pisang adalah jenis buah yang kaya akan mineralnya nih guys. Mineral tersebut biasa dikatakan kalium, penting sekali mineral satu ini untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh. Untuk itu, kalium juga membantu otot berkontraksi serta sel-sel saraf merespons. Tak hanya itu saja, buah pisang juga mengandung karbohidrat kompleks yang ingin membantu tubuh anda menjadi lebih energi. Pisang juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil lho, selama olahraga. Terlebih konsumsi pisang mampu membuat jantung berdetak secara teratur ketika olahraga.
  5. Ayam
    Ayam tinggi sekali dengan proteinnya tersebut, lemaknya bahkan rendah, jika dibandingkan dengan sumber hewani lainnya, contohnya daging sapi. Protein dalam ayam sendiri sangat membantu untuk mempertahankan otot, membangun otot, hingga menghilangkan lemak tubuh ketika berolahraga. Setiap potongan dalam ayam saja, mengandung jumlah protein, kalori, hingga lemak yang berbeda-beda.
  6. Buah kering
    Kalian bisa mencampurkan berbagai macam buah kering seperti nanas, beri, aprikot untuk hidangan sebelum melakukan olahraga nih. Menurut sebuah tinjauan ilmiah, bahwa nutrisi buah kering yakni seperti gula alami, folat, riboflavin. asam organik, niasin, vitamin A, C, kalium, hingga fitonutrien dinilai efektif dalam membakar kalori dalam tubuh lho. Buah kering sendiri sebuah sumber karbohidrat sederhana yang mudah sekali dierna dalam tubuh dan juga efektif diubah menjadi sumber energi. Kandungan serat larutnya juga dinilai lebih cepat membakar lemak dalam lengan, perut, hingga berbagai macam anggota tubuh lainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here