Manfaat Mengkonsumsi Pepaya

Mengkonsumsi buah buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh, kedokteran pun sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi buah buahan setiap harinya. Buah buahan memiliki banyak jenis, manfaat dan nutrisi setiap buah buah berbeda dan tentunya semua nutrisi yang terkandung pada buah buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun ada beberapa jenis buah buahan yang tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan seperti salah satunya durian, buah yang berbau khas ini mengandung gas, dan jika dikonsumsi berlebihan efeknya akan pusing dan menyebabkan darah tinggi.

Tetapi ada juga buah buahan yang jika rutin dikonsumsi sangat baik untuk kesehatan tubuh, yaitu pepaya. Pepaya mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan membantu melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah. Ini dia manfaat jika kamu rutin mengkonsumsi pepaya.

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Buah Pepaya

Manfaat Mengkonsumsi Pepaya

  1. Degenerasi Makula Terkait Usia
    Antioksidan yang ditemukan dalam pepaya menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya dari matahari. Pepaya memiliki peran perlindungan dalam kesehatan mata dan dapat menangkal degenerasi makula.
  2. Mencegah Asma
    Pepaya mengandung beta-karoten yang jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi resiko terkena asma. Kandungan beta-karoten ini juga terkandung dalam buah buahan lain aprikot, blewah, labu dan wortel.
  3. Kanker
    Mengkonsumsi antioksidan beta-karoten yang ada dalam pepaya juga dapat mengurangi risiko kanker. Di antara pria yang lebih muda, diet kaya beta-karoten dapat berperan dalam perlindungan terhadap kanker prostat.
  4. Menjaga Kesehatan Tulang
    Pepaya juga mengandung vitamin K, dan jika kekurangan vitamin K akan beresiko patah tulang yang lebih tinggi. Pepaya mengandung vitamin K yang dapat memberi tulang mu asupan vitamin K.
  5. Diabetes
    Ada studi yang menunjukan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Sedangkan yang mengidap diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid, dan insulin. Pepaya mengandung serat yang serat yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dan yang sedang diet.
  6. Mengatasi masalah pencernaan
    Masalah pencernaan memang sangat mengganggu, apalagi jika anda sudah beberapa hari bahkan beberapa minggu tidak buang air besar, hal ini tentunya akan membuat perut anda terasa tak enak. Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain yang mampu membantu pencernaan, bahkan dapat digunakan sebagai pelunak daging. Pepaya juga kaya akan serat dan kadar air, keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat.
  7. Menangkal penyakit jantung
    Pepaya juga mengandung serat, potasium, dan vitamin yang dapat menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan paling penting untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
  8. Menjaga kesehatan kulit
    Pepaya yang ditumbuk juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada area yang terbakar. Pepaya mengandung enzim proteolitik chymopapain yang mampu mengatasi luka bakar dan bisul dekubitus.
  9. Kesehatan rambut
    Memiliki rambut yang indah tentunya menjadi kesenangan bagi semua orang, dan pepaya dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mendapatkan rambut yang indah, selain dijadikan masker juga dapat dikonsumsi.
  10. Membuat wajah cerah
    Pepaya juga dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah, bahkan sejak sedari dulu pepaya digunakan untuk masker wajah agar kulit wajah tampak bersih dan cerah, selain itu juga banyak produk kecantikan yang mengandung pepaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here