Cara-Membersihkan-Kuas-Makeup

tips-viral.com – Kuas makeup sangat penting untuk dijaga kebersihannya karena menyentuh langsung ke kulit, oleh karena itu wajib untuk rutin membersihkan kuas makeup. Untuk menjaga kebersihan dan membunuh bakteri yang menumpuk, kamu dapat mencuci kuas makeup, namun ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan saat mencuci kuas agar aman, bebas kuman dan awet. Selain itu mencuci kuas juga perlu cara yang tepat untuk menjaga bulunya agar tetap rapi dan tidak rontok. Apa saja yang yang harus kamu perhatikan? Berikut ini cara membersihkan kuas makeup agar awet bulunya tidak mudah rontok.

Cara Membersihkan Kuas Makeup Dengan Mudah, Agar Awet

Cara-Membersihkan-Kuas-Makeup

  1. 1. Gunakan Pembersih Yang Lembut
    Yang pertama harus kamu lakukan yaitu menggunakan pembersih yang lembut, jangan hanya menggunakan air untuk membersihkan kuas makeup dan jangan menggunakan sembarang sabun untuk mencucinya. Karena hanya dengan air saja tidak dapat membersihkan secara maksimal, bahkan menggunakan sembarang sabun juga bisa merusak bulu kuas makeup. Kamu juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang sering digunakan karena jenis sabun ini dapat menjaga bulu kuas dari kerusakan, agar lebih aman kamu bisa membersihkan kuas makeup menggunakan sabun bayi agar tidak merusak bulu kuas makeup dan kuas terbebas dari kuman.
  2. Cuci Dengan Air Hangat
    Cara membersihkan kuas makeup yang selanjutnya yaitu cuci dengan air hangat, semua perempuan menginginkan kuas makeup yang ia gunakan bebas dari bakteri. Hal ini tentunya membuat perempuan berpikir kalau air panas dapat membunuh bakteri yang ada pada bulu kuas? Padahal salah besar, air panas justru akan membuat bulu kuas makeup jadi rontok dan rusak, kamu bisa menggunakan air hangat untuk mencuci kuas makeup. Air bisa memecah partikel riasan dan membunuh bakteri, tidak hanya itu saja, kamu juga perlu hindari mencuci kuas makeup dari gagan karena dapat menghilangkan lem pada bulu kuas dan bisa menyebabkan bulu kuas jadi rontok, oleh karena itu perhatikan suhu yang kamu gunakan untuk mencuci kuas makeup.
  3. Pijat Bulu Kuas
    Saat mencuci kuas makeup, kamu perlu memijat bulu kuas, agar sisa-sisa makeup di bulu kuas bisa menghilang secara maksimal. Kamu juga bisa memijat bulu kuas dengan telapak tanganmu, lakukan cara ini dengan gerakan melingkar yang lembut pada telapak tanganmu. Jangan menggosok bulu ke depan dan ke belakang, karena hal ini bisa membuat bulu kuas make up jadi berjumbai. Jika memiliki alat sikat khusus, kamu juga bisa menggunakannya agar lebih bersih.
  4. Bilas Dengan Air Hangat
    Cara membersihkan kuas makeup yang selanjutnya yaitu membilasnya dengan air hangat. Kalau kuas sudah dibersihkan dengan sabun dan dipijat lembut, kamu bisa membilasnya dengan air hangat, sebaiknya hindari pembilasan dari gagang kuas karena bisa menghilangan lem dan membuat bulu kuas jadi copot. Selain itu kamu juga harus membilas kuas makeup dengan air hangat sambil memijat buku kuas secara bersamaan, jika air bekas mencuci bulu kuas sudah jernih, artinya kuas makeup sudah bersih dan bebas dari bekas riasanmu, keringkan dan baru bisa kamu gunakan ke,bali.
  5. Keringkan Dengan Handuk
    Setelah mencuci kuas makeup, agar bisa digunakan kembali tentunya harus mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah bebas dari busa dan sisa makeup, kamu harus memerasnya secara perlahan dengan handuk bersih, dan pastikan juga handuk yang kamu gunakan lembut agar tidak merusak bulu-bulunya. Jika kuas makeup terlihat tidak berbentuk, jangan panik, kamu bisa membentuk kembali bulunya menggunakan jari saat kuas masih basah.
  6. Biarkan Hingga Kering
    Cara membersihkan kuas makeup yang selanjutnya yaitu setelah dibilas dan dikeringkan dengan handuk bersih, biarkan kuas di atas handuk. Posisi bulu kuas menghadap ke handuk agar kering sebelum dimasukkan kembali ke wadah kuas makeup, hal ini akan membantu kuas kering dengan cepat. Sebaiknya jangan menggunakan alat pengering seperti hairdryer karena akan merusak bulunya, pastikan kuas makeup benar-benar kering dengan sempurna agar bulunya tidak bau dan menyebabkan bakteri datang kembali. Itulah beberapa langkah sederhana untuk mencuci kuas tanpa harus merusak bulunya, selamat mencoba di rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here